Monday, May 11, 2015

Bule Citayam

Sejak Isya lahir dulu, gw & kribo udah sepakat akan menerapkan dua bahasa untuk berkomunikasi dengan Isya. Bahasa Indonesia, cencunya, dan bahasa Inggris. Kenapa? karena mau gak mau, bahasa Inggris itu bahasa internasional, dan kursusnya mahal! kikikikikik. Ya daripada kursus, biasain aja di rumah dari kecil. Apakah gw n kribo jago bhs inggris? Cencyu cidak! hehehehehe....Waktu itu kita cuma mikir, minimal terbiasa dulu, familiar dulu, ntar urusan yg baik dan benar nya mah nyusul. Dan lagi, kata Ki Hajar Dewantara pun...belajar itu, pertama contohin, terus temenin, lama2 kita mundur jadi konsultan doang. Skrg gw n kribo malah udah mundur jauh banget, udah gak konsultan lagi, udah jadi murid paling o'on wakakakakak. Tiap hari dibenerin melulu grammar kita sama si isya *sigh* 

Waktu Isya baru lahir, gw n kribo sepakat kita berbahasa inggris sebanyak mungkin di rumah. Karena toh kita tinggal di Indonesia, Isya pasti banyak dpt stimulasi bahasa Indonesia dari saudara n teman. Dan terbukti, cara kita tersebut berjalan mulus dan dapat dikatakan berhasil. 

Begitu kekek lahir, ostosmastis gw n kribo pakai cara yg sama lah. Mana pun di rumah udah terbentuk habit berbahasa Inggris. Yang gw lupa adalaaaah.........*jeng jeng* gw udah berhenti ngantor, sooo...si kekek merekek 24jam sama gw. Lah terus bahasa Indonesianya piye? 

Waktu itu kekek hampir 2thn. Seperti diceritakan di posting2 sblmnya, dia ngomongnya masih gak jelas....  
Kekek: *narik2 telapak tangan Eni, maksudnya mau diceplak trus digambar di kertas* 
Eni: Eni lagi lipet pakean kek....pake tangan kekek aja 
Kekek: *bengong sebentar....terus tarik-tarik tangan eni lagi*  
Eni: Iiiih...pake tangan Kekek ajaaa kan gampang  
Kekek: *bengong*  
Eni: pake tangan kekek tuuuh *nunjuk tangan kekek*  
Kekek: *bengong...trus nungging2 nyari yg ditunjuk eni* 
Eni: tangan kekek...tuh tangan tangaaaan *nunjuk2 terus* 
Kekek: *muter2 nyariin yg ditunjuk eni*  
Bunda: use your own hand kek 
Kekek: *berekspresi macem "ooooh" terus mulai menggambar tangannya* 
Eni & Bunda: *gantian bengong* 
Eni: Pantesaaaaaaan dia kalo ditinggal sama mamah bawaannya suka gampang sewot, dia gak ngerti bahasa Indonesia. Kamu siiih, gimana ngajarinnya blablablabliblibliblublublu  
Bunda: *cuma bisa nyengir sambil ngebatin....eyalah, salah asuhan inih guweh* 

Konsekuensi dari 'salah asuhan' ini bukan cuma gw mesti giat ngasih stimulasi bahasa Indonesia ke si merekek, tapi gw juga dpt 'hukuman' sosial. Buat mereka yg tinggal di Iboekota, apalagi di kawasan elit, gak aneh lah liat bocah berbahasa Ingris. Lah kitaaaa....orang Citayem, sering naik turun angkot...tetiba ada bocah kecil, berkulit gelap, berwajah 100% Indonesia, ngomong bahasa Inggris. Jadilah gw mesti ngadepin berbagai reaksi, seperti: 

"bapaknya bule inih?" -pengen banget nyodorin si kribo ke mukanya, biar shock :D- 

atau 

"kursus di mana dia?" 
"gak kursus" 
hening 
"lah ini bisa bahasa inggris?" 
"belajar di rumah aja" 
"ooooh....kursusnya di rumah!" -ya seterah bapak aja lah pak..saya mah apalah-  

atau 

supir angkot: "wah pinter banget dia ya, dari kecil udah jago bahasa inggris...pantes mamanya kurus, pasti capek ngajarin anaknya" -sampek rumah nangis di pojokan sambil makan nasi padang biar gemuk- 

atau 

"kursus di LIA dia?" 
"enggak bu, gak kursus" 
"bimba kali?" 
"enggak" 
"ikut kumon?" 
"enggak buuuuuu....enggaaaak....ampuuuuun...udaaaaah" :p 

atau  

*kekek ngomong bhs inggris* 
*menatap takjub* 
"dia lagi ngapalin itu kali ya? lagi ngapalin ituh dia!"  
*senyum ajah....bingung sayah bijimana jawabnya* 
"ini nutrisinya apa inih?" 
"eem...errr....apa ya...sama aja sih bu, makan biasa" -pengen gw jawab dedek campur pelet, takut ntar dia ngasih gitu juga ke anaknya- 

Selain reaksi yg bikin nyengir, ada juga yg sinis "harusnya anak-anak diajarkan bahasa Indonesia dong dari kecil." Tumben-tumbenan gw gak nyolot :D karena ngerti juga sih, keliatan dari 'luar' emang macem gw emak belagu, anak diingrisin gini sementara bahasa Indonesianya gak oke. Ya emang salah gw juga sih. Jadi kasih senyum aja lah. Manis inih senyum gw *bedakan gula* 

Sekarang sih, kosa kata Bhs Ind nya udah buanyaaak...logat cincha lawra nya pun pelan2 luntur. Untungnya lagi, dia tipe yg pede sejuta, biar ngomong Ind nya aneh, suka diledekin temen2nya, tapi dia cuek aja, ttp ikutan nimbrung kalau org lagi main. PR nya masih di Bhs Ind yg baik dan benar, karena selama ini dia dapet stimulasi bhs ind nya dari teman-teman main. Sedang coba diatasi dengan bacain buku cerita bhs Ind. 

Wish us luck! 


- kebayang gak yg begini disangka anak bule? :p -

No comments: